Kamis, 24 Februari 2011

skenario pembelajaran IPA

SKENARIO PEMBELAJARAN


Kelas                                       : V
Semester                                  : 1
Mata pelajaran                         : IPA
Kompetensi dasar                     : mengidentifikasi ciri-ciri bunga
Indicator                                   : mengetahui cirri-ciri bunga
Aktivitas pembelajaran  :
  1. model               : siklus pembelajaran
  2. metode             : percobaan, diskusi, demonstrasi


no
fase
Aktivitas pembelajaran
1.
eksplorasi
  1. Guru
    1. menyiapkan tempat di luar kelas
    2. menyiapkan jenis bunga
    3. membagi kelompok siswa
    4. membagi lembar kerja siswa
    5. membagi petunjuk kegiatan
  2. siwa
    1. membagi tugas
    2. memilih jenis bunga
    3. mengamati bagian-bagian bunga
    4. mencatat hasil pengamatan
    5. menyimpulkan hasil pengamatan

2.
Pengenalan konsep
  1. Guru
1.      guru menjelaskan materi bunga hasil pengamatan
2.      guru memanggil perwakilan tiap kelompok untuk menjelaskan  hasilpengamatan
3.      memberi tanggapan / koreksi / penjelasan terhadap hasil pengamatan
4.      menunjuk atau memperlihatkan gambar bunga beserta cirinya
5.      menjelaskan fungsi bagian-bagian bunga
6.      menambahkan konsep yang belum diketahui
7.      membimbing siswa menyimpulkan hasil pengamatan
  1. siswa
    1. melaporkan hasil pengmatan siswa kepada forum diskusi kelas
    2. terlibat dalam demonstrasi dan Tanya jawab antar siswa dengan guru
    3. memberikan koreksi terhadap hasil pengamatan kelompok lain

3.
Aplikasi
  1. Guru
    1. guru membantu siswa melakukan evaluasi
    2. guru menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dimengerti / dipahami
    3. guru memberikan kesimpulan
  2. Siswa
    1. siswa mengerjakan evaluasi yang diberikan guru
    2. siswa bersama-sama dengan guru memberikan kesimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar