Nama : lina yuliana
Kelas : 2B
SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : V
Semester : 1
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar : menanggapi peristiwa bencana alam dan memberi saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan katanya
Indikator : mengetahui pemecahan tentang bencana alam dengan memperhatikan pilihan katanya
Aktivitas pembelajaran
- model : bertukar pasangan
- metode : Tanya jawab, diskusi
No. | Fase | Aktivitas pembelajaran |
1. | eksplorasi | - Guru
- menyiapkan tempat di dalam kelas
- menyiapkan bacaan tentang bencana alam
- membagi pasangan siswa
- memberikan lembar kerja siswa
- memberi petunjuk kegiatan
- siswa
- membagi tugas
- membaca bacaan yang diberikan guru
- tiap siswa mencatat pokok-pokok peristiwa dalam bacaan
|
2. | Pengenalan konsep | - Guru
- menjelaskan materi bencana alam dalam bacaan yang di sediaakn.
- guru menyuruh siswa untuk saling memberikan tanggapan tentang bencana alam dengan pasangannya
- setelah selesai guru menyuruh siswa untuk bertukar pasangan dan saling memberi tanggapan.
- setelah selesai memberi tanggapan dengan pasangan barunya guru menyuruh siswa kembali ke pasangan yang pertama dan berbagi penemuan barunya.
- guru memanggil perwakilan tiap pasangan untuk menanggapi dan memberi sarana tentang bacaan bencana alam
- guru menanggapi penjelasan siswa
- siswa
- mendiskusikan hasil membaca bacaan dengan pasangannya yang pertama
- siswa bertukar pasangan dengan pasangan yang baru dan saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
- temuan yang baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
- mengemukakan hasil diskusi siswa di depan kelas
- memberi tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lain
|
3. | aplikasi | - Guru
- guru membantu siswa melakukan evaluasi
- guru menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami
- kesimpulan
- Siswa
- mengerjakan evaluasi yang diberikan guru
- siswa bersama-sama dengan guru memberikan kesimpulan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar