Kamis, 24 Februari 2011

Nama : lina yuliana
Kelas : 2B


SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas                                       :  V
Semester                                  :  1
Mata pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar                   :    menanggapi peristiwa bencana alam dan memberi saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan katanya
Indikator                                 :  mengetahui pemecahan tentang bencana alam dengan memperhatikan pilihan katanya
Aktivitas pembelajaran 
  1. model                           :  bertukar pasangan
  2. metode                         :  Tanya jawab, diskusi


No.
Fase
Aktivitas pembelajaran
1.
eksplorasi
  1. Guru
    1. menyiapkan tempat di dalam kelas
    2. menyiapkan bacaan tentang bencana alam
    3. membagi pasangan siswa
    4. memberikan lembar kerja siswa
    5. memberi petunjuk kegiatan
  2. siswa
    1. membagi tugas
    2. membaca bacaan yang diberikan guru
    3. tiap siswa mencatat pokok-pokok peristiwa dalam bacaan
2.
Pengenalan konsep
  1. Guru
    1. menjelaskan materi bencana alam dalam bacaan yang di sediaakn.
    2. guru menyuruh siswa untuk saling memberikan tanggapan tentang bencana alam dengan pasangannya
    3. setelah selesai guru menyuruh siswa untuk bertukar pasangan dan saling memberi tanggapan.
    4. setelah selesai memberi tanggapan dengan pasangan barunya guru menyuruh siswa kembali ke pasangan yang pertama dan berbagi penemuan barunya.
    5. guru memanggil perwakilan tiap pasangan untuk menanggapi dan memberi sarana tentang bacaan bencana alam
    6. guru menanggapi penjelasan siswa
  2. siswa
    1. mendiskusikan hasil membaca bacaan dengan pasangannya yang pertama
    2. siswa bertukar pasangan dengan pasangan yang baru dan saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
    3. temuan yang baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
    4. mengemukakan hasil diskusi siswa di depan kelas
    5. memberi tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lain

3.
aplikasi
  1. Guru
    1. guru membantu siswa melakukan evaluasi
    2. guru menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami
    3. kesimpulan
  2. Siswa
    1. mengerjakan evaluasi yang diberikan guru
    2. siswa bersama-sama dengan guru memberikan kesimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar